Berita UNU Surakarta

Orientasi Mahasiswa Baru S2, 70% Menerima Beasiswa

Minggu 19 September 2021
Image

UNU Surakarta–   Program Pascasarjana Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Surakarta mengadakan orientasi mahasiswa baru tingkat magister program studi Pendidikan Agama Islam pada Sabtu (18/09/2021) di ruang A 102. Orientasi ini dihadiri oleh Dr. H. A Mufrod Teguh Mulyo (Rektor), Dr. H. A. Dardiri Hasyim (Direktur), dan staf pengelola PPs.

Dalam orientasi ini dijelaskan tentang kurikulum prodi, perkuliahan, ujian, keuangan, dan pemanfaatan teknologi informasi sebagai media perkuliahan, seperti zoom meeting, Sistem Informasi Akademik (Siakad), dan cek plagiasi menggunakan Plagiarism Checker X untuk makalah perkuliahan dan tesis.

Orientasi mahasiswa baru angkatan 2021 ini melibatkan 22 mahasiswa baru yang lulus seleksi melalui beberapa jalur, yaitu jalur alumni 8 mahasiswa, Persatuan Guru NU (Pergunu) 8 mahasiswa, dan reguler 6 mahasiswa.

Sebagai bentuk apresiasi UNU Surakarta kepada kader dan warga NU, Rektor memberikan beasiswa potongan SPP 50% khusus kepada mahasiswa jalur alumni dan Pergunu. Dengan demikian, lebih dari 70% mahasiswa baru tingkat magister telah ditetapkan sebagai penerima beasiswa tersebut.

Pemberian beasiswa melalui jalur Pergunu merupakan hasil kerjasama antara UNU Surakarta dengan Pergunu wilayah Jawa Tengah sejak 2019. Kerjasama ini merupakan upaya nyata kepedulian UNU Surakarta dalam meningkatkan mutu guru-guru NU di Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ), madrasah, pondok pesantren, maupun perguruan tinggi. Selain untuk tingkat S2, beasiswa alumni dan Pergunu juga tersedia untuk tingkat S3 atau program doktor. (mad)