Monday, December 11, 2017
   
Text Size

The News

PEMBUKAAN PROGRAM DOKTOR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) S3 UNU SKA TH 2017

SERAH TERIMA SK DIRJEN PENDIS KEMENAG TENTANG IJIN PENYELENGGARAAN

PRODI PAI  UNU PADA PROGRAM DOKTOR PROGRAM  PASCASARJA UNU SURAKRTA

 

 

Pembekalan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada tanggal 15 Oktober 2016 mengadakan kegiatan Pembekalan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta, Kegiatan diikuti oleh 157 mahasiswa dari Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, dan Fakultas Hukum.  Acara ini dibuka pada pukul 09.30 WIB oleh Rektor UNU Surakarta, Bapak Dr. H. A. Mufrod Teguh Mulyo, M. H. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa dapat menguasai kompetensi profesional melalui praktikum di lingkungan sesungguhnya. Mahasiswa juga  mendapatkan pengalaman nyata di lapangan sebagai wahana terbentuknya tenaga professional di bidangnya dengan memiliki seperangkat pengetahuan, kemahiran, sikap, serta nilai yang diperlukan oleh tugas profesinya. PPL berlangsung selama 1 (satu) bulan, mulai tanggal 17 Oktober sampai 17 November 2016. Dalam kegiatan PPL ini, UNU Surakarta bekerja sama dengan 17 instansi yang terdiri dari Pengadilan Agama, MA, MTs, SMP,  Koperasi, Kantor Notaris, dan Lembaga Bantuan Hukum di Soloraya.   Acara ini menghadirkan 2 narasumber, yaitu Dr. Rustam Ibrahim, M.S.I dan Dr. Suharno, M.Pd.  Kegiatan PPL adalah kesempatan yang baik bagi mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu selama perkuliahan di kegiatan nyata, mahasiswa hadir di lapangan untuk member solusi dan menyelesaikan masalah di tempat praktek, bukan menambah masalah, tegas Rustam Ibrahim.  PPL merupakan kawah “condrodimuko” bagi setiap mahasiswa, mahasiswa dituntut untuk mengimplementasikan segala ilmunya yang telah diperoleh selama kuliah. Selain itu, PPL merupakan upaya untuk mensinergiskan berbagai pihak stakeholders, seperti LPTK, Dinas Pendidikan, dan Pihak Pengguna lulusan. Terang Dr. Suharno. Pada akhir acara, Mahasiswa diharapkan dapat menyelesaikan laporan PPL tepat waktu dan mengumpulkannya ke panitia. Acara pembekalan PPL ditutup oleh PR I Sutrisno, M.Hum. pada pukul 14.30 WIB.

   

Pelatihan PKM 5 bidang tingkat nasional di UNU Surakarta

Pada Sabtu, 8 Oktober 2016 Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta bekerjasama dengan Kemenristek DIKTI mengadakan pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang tahun 2016 di Gedung C UNU. Acara ini dibuka langsung oleh Rektor UNU Surakarta, Bapak Dr. H. A. Mufrod Teguh Mulyo, M. H. Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk kemampuan mahasiswa agar dapat menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian. Serta mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif. Muara dari kegiatan ini adalah PINMAS, yang merupakan puncak kegiatan ilmiah mahasiswa berskala nasional dan diselenggarakan di Perguruan Tinggi yang ditetapkan Direktorat atas kesediaan dan kesepakatan seluruh pimpinan perguruan tinggi. PIMNAS sebagai forum pertemuan ilmiah dan komunikasi produksi kreasi mahasiswa, diikuti mahasiswa atau kelompok mahasiswa melalui jalur PKM dan non PKM.

pkm

Acara ini dihadiri dari bebrbagai Universitas di Jawa Tengah, berikut data peserta PKM

1. Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta

2. Universitas Sebelas Maret

3. Institut Seni Indonesia Surakarta

4. Universitas Islam Sultan Agung

5. Universitas Muhammadiyah Magelang

6. Universitas Slamet Riyadi

7. UNiversitas Muhammadiyah Surakarta

8. Universitas Muria Kudus

9. Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

10. Universitas Pekalongan

11. Universitas Pancasakti

12. Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman

13. Universitas Islam Batik

14. Universitas Veteran Bangun Nusantara

15. Universitas Semarang

16. Universitas Muhammadiyah Semarang

17. Universitas Muhammadiyah Purwokerto

18. Universitas Setia Budi Surakarta

19. Universitas Surakarta

20. Universitas Wahid Hasyim

21. Universitas Dian Nuswantoro

22. Universitas Stikubank

Dengan total jumlah peserta 97 Mahasiswa dan 23 Dosen.

pkm2

Acara ini berjalan lancar dan diharapkan bisa mencentuskan kreativitas mahasiswa di lingkup UNU Surakarta.

   

UNU Surakarta Menambah Ruang Kelas

Universitas Nahdlatul Ulama Surakarata sebagai lembaga swasta mandiri terus berbenah. Tuntutan perkembangan Perguruan Tinggi untuk mewujudkan sarana prasarana yang representativ, UNU sedang menambah ruang lokal perkuliahan.

Pembangunan telah dimulai sejak Minggu pertama bulan Agustus 2016 dan diharapkan akan segera selesai pada Oktober 2016. Alhamdulillah pembangunan lokal ini murni dari pendanaan pribadi UNU Surakarta.

bangun

Diharapakan dengan adanya pembangunan ini dapat menutup kekurangan ruang perkuliahan di kampus UNU Surakarta.

   

Penggalangan Dana Korban Banjir Garut

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Nahdlatul Ulama Suarakarta, kemarin Sabtu 24 September 2016 telah melaksanakan kegiatan yang bersifat sosial. BEM UNU melakukan penggalangan dana untuk korban musibah banjir Garut Jawa Barat. Muhammad Zein Syarif, mahasiswa semester V jurusan Pendidikan Agama Islam selaku korlap dalam kegiatan penggalangan dana ini. Ada 2 titik dalam penggalangan dana. Pertama, di Perempatan POM Bensin Manahan. Yang kedua di Perempatan Gendengan, depan Rumah Sakit DKT.

bem2

Alhamdulillah kegiatan ini telah berhasil menghimpun dana sebanyak Rp 2.160.000. Direncanakan dana ini akan segera disalurkan kepada korban bencana di Garut Jawa Barat.

bem3

Semoga kegiatan mulia teman-teman/ adik-adik/ kakak-kakak/ anak-anak BEM UNU ini mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT dan hasil dari penggalangan dana tersebut dapat sedikit meringankan beban korban musibah banjir di Garut. Aamiiiiin...

   

Page 1 of 3